Sunday, April 12, 2009

bangalore

why bangalore ?

yup itulah yg ada dipikiran gw, knapa siy kalo ada masalah dgn infrastruktur dktr hrs call atao email ke bangalore? india?.. knapa ga ke amrik aja kan ktr pusatnya dsna, aneh..

panteslah gw sbg orang awam soal IT gitu ga tau banget kalo trnyata teknologi komputer sangat berkembang di bangalore. bidang pendidikan di india jg berkembang dan banyak org2 yg menuntut ilmu disana jg nunjukkin kalo org2 india tuh pinter2 ya gak ?

lepas dari majunya org2 india, gw taunya india itu adalah negara berkembang yg penyakitnya ga jauh2 dari indonesia, soal korupsi, suap menyuap, jumlah penduduk yg melimpah dan pemukiman kumuh.

ok, maapin deh kalo taunya yg negatif2... :p
dr hasil tengok sana tengok sini beberapa waktu yg lalu, ini dia beberapa fakta menarik yg bisa memuaskan keingintauan gw tentang bangalore (source: koran tempo).

  • dunia tdk mengenal kota ini hingga awal 1990-an
  • kota ini mulai berkembang ketika para penulis software berdatangan setelah perusahaan lokal spt wipro ato infosys berhasil meyakinkan dunia bahwa software made in bangalore adalah yg termurah dan terbaik.
  • sejak itu para insinyur komputer memburu pekerjaan dari raja2 software dunia spt microsoft ato oracle.
  • mal, apartemen, bar, club, mobil mewah menjamur seiring semakin makmurnya indutri software.
  • sebanyak 500 ribu pekerja di bidang teknologi diantara tujuh juta penduduk membuat kota ini berdenyut hingga terasa ke lembah silikon, california, jepang, kanada dan eropa.
  • bandara baru senilai 6 miliar rp dibangun utk mengakomodasi berkembangnya bisnis teknologi, pdhl pengguna pesawat cuma 5% dr pnduduk bangalore :)
  • bangalore menjadi melting pot para programmer sedunia.

kalo pengen tau lebih lengkap ttg bangalore bisa klik wiki atau virtualbangalore

so... bangalore, why not?

0 comments: